Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian I'rab Mahki

 


Pengertian I'rab Mahki:

الحكاية : ايراد اللفظ على ما تسمعه

"Hikayah adalah: Mengehendaki lafad diatas sesuatu yang didengar".

Hikayah terbagi dua macam: (1) Hikayah kalimat (2) Hikayah jumlah, kedua pembagian ini, dihikayahkan menurut lafad asalnya tidak dirobah, kecuali lahin, maka saat itu harus menghikayah dengan makna, dan harus memberitahukan tentang lahin tersebut.

Contoh hikayah kalimat adalah: كتبت يعلم "aku menulis lafad  يعلم". Maka يعلم pada dasarnya adalah fi'il mudharik yang marfu', karena sunyi dari amil nasab dan amil jazam, dan kata يعلم disini merupakan kalimat yang dihikayahkan yaitu jatuh sebagai maf'ul dari fi'il كتبت, dan i'rab kalimat ini adalah ditakdirkan yang tertegah untuk dhahirnya oleh harkat hikayah.

Dan apabila engkau mengatakan كتب فعل ماض "kataba adalah fi'il madhi" maka kalimat كتب disini adalah mahki (kalimat yang dihikayahkan), susunan i'rabnya adalah كتب jatuh sebagai mubtada  yang mafu' dengan dhummah yang ditakdirkan, yang tertegah dhahirnya kalimat oleh harkat hikayah.

Apabila ada orang berkata bagi engkau "tolong i'rabkan lafad سعيدا dari kalam engkau رأيت سعيدا" makra engkau menjawab "سعيدا adalah maf'ul bih" lafad سعيدا dalan contoh tersebut adalah mahki yaitu jatuh sebagai mubtada dan khabarnya adalah kalimar مفعول به, namun pada dasarnya kalimat سعيدا adalah marfu' dengan dhummah yang ditakdirkan pada akhirnya, yang tertegah dhahir oleh harkat hikayahز

2. Contoh hikayah jumlah adalah:

قلت لا اله الا الله سمعت حى على الصلاة قرأت قل هو الله احد كتبت استقم كما امرت

"Aku berkata لا اله الا الله, aku mendengar حى على الصلاة, aku membaca قل هو الله احد aku menulis استقم كما امرت"

Maka semua jumlah ini adalah mahki, i'rabnya adalah pada mahal nasab dengan fi'il sebelumnya, maka i'rabnya adalah mahali

Post a Comment for "Pengertian I'rab Mahki"