Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Khabar Mufrad dan Khabar Ghairu Mufrad


Khabar terbagi menjadi dua bagian: Khabar maufrd dan ghair u mufrad.

1. Khabar Mufrad

Ibnu Ajurum berkata,

فَالْمُفْرَدُ نَحْوُ زَيْدٌ قَائِمٌ

"Adapun khabar mufrad, contoh زَيْدٌ قَائِمٌ (Zaid itu orang yang berdiri)."

Sangat mudah memahami khabar mufrad. Mufrad artinya sendiri atau tunggal. Artinya, kata yang menjadi khabar hanya satu kata.

Contoh

زَيْدٌ قَائِمٌ (Zaid itu orang yang berdiri). Kata قَائِمٌ berposisi sebagai khabar. Karena قَائِمٌ hanya satu kata, berarti قَائِمٌ di sini masuk kategori khabar mufrad.

النَّوْمُ سَهْلٌ (Tidur itu mudah). Kata سَهْلٌ berposisi sebagai khobar. Karena سَهْلٌ hanya satu kata, berarti سَهْلٌ di kalimat ini masuk kategori khabar mufrad.

2. Khabar Ghair Mufrad (non-mufrad)

Ibnu Ajurum berkata,

وَغَيْرُ الْمُفْرَدِ اَرْبَعَةُ اَشْيَاءَ الْجَارُ وَالْمَجْرُوْرُ وَالظَّرْفُ وَالْفِعْلُ مَعَ فَاعِلِهِ وَالْمُبْتَدَأُ مَعَ خَبَرِهِ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ فِى الدَّارِ, وَزَيْدٌعِنْدَكَ, وَزَيْدٌ قَامَ أَبُوْه, وَزَيْدٌ جَارِيَتُه ذَاهِبَةٌ

"(Khabar) ghair mufrad ada empat jenis, jer majrur, dzaraf, fi'il serta fa'il, dan mubtada` serta khabar. Contoh ucapanmu زَيْدٌ فِى الدَّارِ (Zaid ada di dalam rumah), زَيْدٌعِنْدَكَ (Zaid di sandingmu), زَيْدٌ قَامَ أَبُوْه (Zaid, bapanya telah berdiri), زَيْدٌ جَارِيَتُه ذَاهِبَةٌ (Zaid, putrinya pergi)."

Jika khabar mufrad hanya terdiri dari satu kata, khabar ghair mufrad terdiri lebih dari satu kata.

Terdapat empat bentuk khabar non-mufrad, yaitu:

1. Khabar Jer majrur. 

Contoh

زَيْدٌ فِى الدَّارِ (Zaid ada di dalam rumah)

Dalam kalimat di atas, yang menjadi khabar yaitu frasa فِى الدَّارِ. Kata فِى merupakan huruf jer dan الدَّارِ merupakan isim yang majrur (di-jerkan). Sehingga, keduanya disebut jer majrur. Karena itu, khabar dalam kalimat ini disebut khabar jer majrur.

2. Khabar Dzaraf

Contoh

زَيْدٌعِنْدَكَ (Zaid di sandingmu)

Dalam kalimat di atas, yang menjadi khabar yaitu frasa عِنْدَكَ. Kata عِنْدَ merupakan dzaraf makaan lantaran menunjukan makna tempat sedangkan huruf kaf artinya "kamu." Dengan demikian, khabar dalam kalimat ini disebut khabar dzaraf.

3. Khabar fi'il serta fa'il

Contoh 

زَيْدٌ قَامَ أَبُوْه (Zaid, bapanya telah berdiri)

Dalam kalimat di atas, yang menjadi khobar yaitu kalimat قَامَ أَبُوْه. Kata قَامَ merupakan fi'il dan أَبُوْه sebagai fa'ilnya. Dengan demikian, khobar dalam kalimat ini disebut dengan khobar fi'il serta maf'ul.

Perlu dicatat, dalam kalimat di atas, yang berdiri bukan Zaid, akan tetapi bapa Zaid.

4. Khobar mubtada` serta khobar

Contoh

زَيْدٌ جَارِيَتُه ذَاهِبَةٌ (Zaid, putrinya pergi)

Dalam kalimat di atas, yang menjadi khobar yaitu kalimat جَارِيَتُه ذَاهِبَةٌ. Kata جَارِيَتُه merupakan mubtada` dan ذَاهِبَةٌ sebagai khobar-nya. Karena itu, khobar dalam kalimat ini disebut dengan khobar mubtada` serta khobar.

Perlu dicatat, dalam kalimat di atas, yang pergi bukan Zaid, tetapi putrinya.

(Imam ash-Shinhaji, Matan al-Ajurumiyah, Indonesia, Syarikah Maktabah al-Madaniyah)

Post a Comment for "Pengertian Khabar Mufrad dan Khabar Ghairu Mufrad"